Ga Ada Pantangan! Ini dia 3 Kuliner Khas Balangan

Oleh : nadhifahdifa | 2022-03-31 21:24:24

Kalau kamu lagi di Kalimantan, kamu wajib mengunjungi Balangan. Kuliner kuliner khas Balangan ini ga ada duanya, kamu bisa makan tanpa ada pantangan. Semuanya cocok untuk dinikmatin, baik dimakan langsung atau dijadikan oleh oleh.

Intip 3 kuliner khas Balangan ini yuk? Kali aja ada yang bikin kamu penasaran.

1. Klepon

Pasti kamu udh ga asing sama makanan ini? Klepon atau kalalapon adalah jajanan khas Balangan yang sudah populer bahkan sampai keluar Balangan. Kenapa bisa sepopuler itu? Karena bentuk nya yang unik dan rasanya yang bisa dinikmati semua lidah orang Indonesia.

Terbuat dari tepung ketan, air kapur sirih, pasta pandan, garam, dan gula merah. Saat disajikan, klepon ini juga ditaburi dengan parutan kelapa yang bisa memanjakan lidah kamu. Tekstur klepon yang kenyal dan lembut ditambah dengan parutan kelapa yang gurih membuat makanan ini menjadi sangat dinikmati.

Selain rasanya yang manis, bentuknya juga sangat lucu seperti bulat kecil dan berwana hijau mencolok. Uniknya, kamu juga bisa merasakan gula merah yang meleleh di mulut sehingga tidak bisa kamu lupakan. Harganya juga sangat terjangkau.

2. Kulat

Ini dia lauk khas Balangan yang bisa kamu nikmati dengan nasi hangat. Makanan ini cukup menarik dan sepertinya jarang ditemuin di tempat tempat besar karena biasanya orang-orang memasak makanan ini sendiri di rumah. Namun jangan khawatir, beberapa warteg masih menyediakan menu ini loh.

Kulat adalah makanan berbahan dasar jamur dan yang pasti tidak beracun ya, karena jamur dipilih dari kualitas yang paling baik. Makanan ini ga cuma bisa di tumis, tapi bisa juga jadi campuran sayur, campuran ikan, atau dijadikan gulai. Beberapa orang bahkan memanfaatkan kulat sebagai obat tradisional.

3. Sirup Batumandi

Buat kamu yang lagi nyari minuman, ada loh minuman khas Balungan, namanya Sirup Batumandi. Sirup ini cukup direkomendasi oleh banyak warga lokal karena uniknya sirup ini manis tanpa penais buatan. Menarik bukan?

Sirup ini hanya bisa ditemui di daerah Balangan, mungkin saja ada yang menjual di luar Balangan tapi kemungkinannya sangat kecil atau jarang ada. Karena itulah, sirup ini sangat diburu oleh warga lokal ataupun wisatawan karena seringkali dijadikan oleh oleh untuk dibawa pulang. Harganya juga murah loh! Hanya sekitar Rp 18.000 sampai Rp 20.000 saja tergantung ukurannya.

Dari 3 kuliner khas Balangan ini, apakah kamu tertarik untuk membelinya? Jangan lupa beliin buat orang di rumah juga ya!
Tags :