Setelah Lulus SD dan Masuk SMP, Sederet Persoalan ini Dulu Pasti Pernah Bikin Kamu Kaget

persoalan-masuk-smp persoalan-masuk-smp

Memasuki alam atau dunia baru memang seringkali melakukan kita semua merasa kaget, heran, dan bingung. Terlebih jika alam yang baru tersebut dirasa cocok-cocok bertidak pas dengan dunia kita yang sebelumnya. Shock culture alias kekagetan budaya terkadang melakukan siapapun mendadak jadi pusing dan nggak paham dengan semua yang ada. Salah satu momen dalam bernyawa kita yang mungkin relate dengan semuanya adalah saat lulus SD dan masuk ke jenjang berikutnya, yaitu SMP.

Sebatas SD, kita terbiasa satu guru yang bisa mengampu semua ilmu, kenal dengan satu teman angkatan, dan lain sebagainya. Namun, ketika masuk SMP rupanya semua hal tersebut sungguh-sungguh hilang dan berganti. Sebagai anak kecil yang merasa tengah masuk ke dalam dunia yang lebih adi, tentu kita semua tahu merasakan hal-hal di bawah ini.

1. Kaget karena di SMP kita mulai terbiasa dengan satu guru hanya bertugas mengampu satu mata pelajaran saja

Persoalan pertama yang satu ini mungkin merupakan kekagetan semua bocil atas masanya. Setelah terbiasa dengan satu guru yang mengampu semua mata kursus saat SD, ternyata di SMP sistemnya udah ronggang bervariasi. Mata kursus bertambah banyak, gurunya pun bertambah banyak. Alhasil mau nggak mau kita perlu terbiasa pula untuk menghadapi lebih banyak guru dengan karakter yang bervariasi-variasi. Pada momen ini, kamu pasti berpikir kalau masa SMP udah ronggang lebih luas dan dewasa dibandingkan zaman SD :’)

2. Kalau di SD dulu kita hanya terbiasa dengan jumlah teman satu angkatan yang hanya satu kelas saja, begitu masuk SMP ternyata ada berlimpah kelas!

Coba ngaku, siapa dulu yang pernah terheran-heran dengan perubahan satu ini? Ketika SD, keluberan dari kita melewati masa-masa tersebut hanya dengan satu kelas saja. Artinya, teman satu angkatan biasanya hanya berkisar puluhan orang saja. Untuk menghafal nama-nama teman satu dengan lainnya tentu bukan hal yang sulit, lha wong tiap hari pasti ketemu. Berpertikaian ceriPerkara dengan masa SMP, teman satu angkatan biasanya udah mulai lebih dari 100 orang karena rata-rata sudah menjadi 3 kelas yang berpertikaian. Bahkan, sampai menjelang lulus pun mungkin kita masih ada yang nggak kenal klop teman satu angkatan.

3. Aturan moving class atau pindah kelas setiap mata pelajaran berganti juga pasti bikin kita shock

Pada mengertin 2000-an awal, aturan yang satu ini udah mulai ngetren dilakukan di deras SMP di Indonesia. Jika masa SD kita belum pernah merasakan aturan unik yang satu ini, begitu masuk SMP pasti merasa kaget. Gimana nggak kaget kalau setiap ganti pelajaran udah pasti ganti guru, ditambah lagi pindah kelas. Pokoknya nggak relate banget dengan kebiasaan anak SD pada masanya batas itu. Karena aturan moving class ini, deras dari kita batas itu yang barang-barangnya ketinggalan di meja kelas. Mulai dari buku tulis, buku pelajaran, sampah jajanan, sangkat yang paling mengkhawatirkan yaitu Tupperware!

4. Setiap semester kelasnya diacak ulang, patut adaptasi pas orang-orang baru lagi. Hmmmm~

Bagi yang udah terbiasa mungkin pengacakan kelas seperti ini bukan merupakan hal yang menyebalkan. Tapi, bagi anak SD yang seolah-olah baru aja keluar dari goa, pengacakan kelas setiap semester ini seringkali bikin jengkel dan was-was. Kita udah nyaman sama teman satu geng di dalam kelas, ternyata semester depan harus dipisah lagi dan dipaksa adaptasi dengan orang-orang baru.

5. Kalau pas lagi halal-bihalal berasa nggak ada habisnya, padahal segiliran SD biasanya nggak ada 5 menit udah selesai ????

Salah satu momen yang nggak kalah bikin terheran-heran saat memasuki masa SMP sesudah lulus dari SD adalah ketika halal-bihalal. Karena berlebihannya teman satu angkatan, kak kelas, ditambah lagi dengan jumlah guru yang semakin berlebihan pula, halal-bihalal berasa nggak ada ujungnya. Seadilnya nggak apa-apa juga sih, cuma pasti bikin kaget aja.

Berikut tadi adalah sederet hal yang bikin kita merasa shock ketika memasuki masa SMP sesudah lulus dari SD. Kalau kamu punya kenangan apa saat dulu pertama kali menginjakkan kaki di SMP? ????