Ternyata Ini Fungsi Lemak Yang Ada Pada Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui

Ilsutrasi fungsi lemak pada bagian tubuh seseorang Ilsutrasi fungsi lemak pada bagian tubuh seseorang

Lemak adalah jenis macam makronutrien yang terdapat dalam makanan dan digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi dan sebagai pelindung organ-organ dalam tubuh. Ada beberapa jenis lemak yang berbeda, termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda.

Perbedaan Lemak Tak Jenuh Dengan Lemak Jenuh

Agar lebih jelasnya, mari kita ulas satu per satu seperti berikut ini:

Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuh adalah jenis lemak yang tidak mengandung jumlah atom hidrogen yang penuh. Lemak tak jenuh terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat). Lemak tak jenuh tunggal terdapat dalam makanan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, dan kacang-kacangan seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol darah. Lemak tak jenuh ganda terdapat dalam makanan seperti minyak ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Lemak tak jenuh ganda dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung.

Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah jenis lemak yang mengandung jumlah atom hidrogen yang penuh. Lemak jenuh terdapat dalam makanan seperti daging, susu, produk olahan dari daging, minyak kelapa, minyak kokos, dan mentega. Lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Namun, meskipun lemak jenuh dapat memiliki efek negatif pada kesehatan, masih diperlukan dalam diet karena memiliki peran penting dalam tubuh. Lemak jenuh membantu dalam penyerapan vitamin dan mineral, serta membantu dalam pembentukan hormon dan mempertahankan suhu tubuh yang sehat.

Cara Mengolah Makanan Yang Mengandung Lemak

Untuk mengolah makanan yang mengandung lemak dengan benar, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Gunakan minyak yang tepat: Pilih minyak yang kaya akan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun atau minyak kelapa untuk menggoreng atau memasak. Hindari penggunaan minyak yang tinggi lemak jenuh seperti minyak kelapa atau minyak kokos yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
  2. Pilih metode memasak yang sehat: Gunakan metode memasak sehat seperti menggoreng dengan sedikit minyak atau memanggang, daripada menggoreng dengan banyak minyak atau menggunakan minyak yang terlalu panas.
  3. Hindari makanan yang diproses: Makanan yang diproses seringkali tinggi lemak jenuh dan sodium, sehingga sebaiknya dihindari. Lebih baik memilih makanan segar yang tidak diproses seperti sayuran, buah, dan protein sehat seperti daging tanpa lemak atau ikan.
  4. Konsumsi lemak dengan porsi yang tepat: Lemak termasuk dalam kelompok makronutrien yang perlu dikonsumsi dalam porsi yang tepat untuk menjaga berat badan yang sehat. Asupan lemak jenuh harus dibatasi dan sebaiknya tidak melebihi 7-10% dari total asupan kalori harian.

Bahaya Konsumsi Lemak Berlebihan

Setiap hal yang baik, tentu saja memiliki sisi buruknya. Demikian pula dengan kandungan atau makanan yang mengandung lemak, sebaiknya di konsumsi sesuai dengan kebutuhan saja. Berikut ini adalah hal-hal yang akan timbul apabila mengkonsumsi lemak tidak sesuai atau berlebihan:

  • Menambah berat badan: Lemak merupakan makronutrien yang tinggi energi, sehingga jika dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas.
  • Menurunkan kadar kolesterol: Konsumsi lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, terutama LDL (kolesterol jahat) yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Menyebabkan penyakit jantung: Konsumsi lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.
  • Menyebabkan masalah pada hati: Lemak yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pada hati, seperti sirosis atau kerusakan hati yang parah.
  • Menyebabkan masalah pada sistem pencernaan: Konsumsi lemak yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, seperti sembelit dan kerusakan pada usus besar.
  • Untuk menghindari masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi lemak berlebihan, perlu untuk membatasi asupan lemak dan memilih sumber lemak yang sehat, seperti lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun, minyak kelapa, dan kacang-kacangan. Selain itu, penting untuk menjaga pola makan seimbang dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Itulah pembahasan kali ini terkait lemak. Jangan lupa untuk selalu berolahraga dan segeralah berkonsultasi dengan dokter apabila anda merasa sakit.