Tipe-Tipe Sepatu Badminton yang Cocok Bagi Atlet Pemula

gambar tersebut menyebutkan tipe sepatu badminton untuk atlet pemula gambar tersebut menyebutkan tipe sepatu badminton untuk atlet pemula
Tipe-Tipe Sepatu Badminton yang Cocok Bagi Atlet Pemula

Sebagai atlet tepok bulu pemula, Anda juga perlu mengetahui tipe-tipe sepatu badminton yang nyaman digunakan. Sebab, bisa saja kaki Anda mengalami lecet-lecet akibat salah memilih tipe sepatu yang digunakan saat berlatih maupun bertanding.

Maka, gunakan sepatu yang cocok dengan karakter kaki Anda. Perlu Anda ketahui bahwa pemilihan sepatu ini sangat penting dalam bermain olahraga bulu tangkis. Tujuannya agar bagian kaki tetap terlindungi saat bermain olahraga bulu tangkis.

Tercatat, ada 3 tipe sepatu badminton termurah yang diproduksi oleh perusahaan apparel olahraga lokal dan import. Tipe sepatu badminton yang pertama adalah model low cut. Model sepatu badminton yang satu ini memiliki perbedaan di bagian “kerah” belakang.

Biasanya, sepatu badminton dengan model low cut ini sangat cocok bagi pebulutangkis dengan gaya permainan cepat. Sebab, sepatu model ini mampu mempermudah gerakan-gerakan pebulutangkis ketika berlatih maupun bertanding. Anda tak perlu khawatir, sebab sepatu badminton murah juga menyediakan jenis sepatu dengan tipe low cut.

Tipe sepatu badminton yang kedua adalah model middle cut. Sepatu badminton model middle cut ini sudah biasa Anda temui karena semua perusahaan apparel olahraga menggunakan tipe tersebut. Sebab, tipe tersebut cukup laris di pasaran.

Cengkeraman dari sepatu badminton model middle cut cukup kuat jika dibandingkan dengan tipe low cut. Sehingga, sepatu model ini mampu melindungi pergelangan kaki dari lecet, terkilir, hingga cedera. Untuk menghindari cedera, maka gunakan kaos kaki tebal untuk melindungi kaki dari luka-luka ketika Anda sedang bermain olahraga badminton.

Dan tipe sepatu badminton yang terakhir adalah model high cut. Tipe sepatu badminton ini memang jarang diproduksi oleh perusahaan apparel alat-alat bulu tangkis. Memang, dari segi safety ini tentu lebih aman jika dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya.

Hanya saja, pergerakan Anda sedikit terhambat karena tipe high cut memiliki bobot lebih berat. Alhasil, pergerakan Anda kurang luwes karena langkah kaki terasa berat. Untuk itu, Anda tidak disarankan menggunakan sepatu badminton termurah dengan model high cut.

Ciri-Ciri Sepatu Badminton Lokal Berkualitas dengan Harga Murah

Sangat mudah untuk menentukan sepatu badminton yang diproduksi oleh perusahaan lokal dengan harga murah dan berkualitas. Memang, secara ketahanan sepatu badminton lokal dengan merk import ini tentu jauh berbeda.

Namun Anda tak perlu khawatir, sebab atlet badminton pemula lebih disarankan untuk menggunakan merk lokal karena harganya terjangkau. Dan ciri-ciri pertama adalah melihat outsole sepatu bulu tangkis yang akan digunakan.

Pilih sepatu badminton termurah dengan jenis outsole yang cocok untuk semua model lapangan bulu tangkis. Memang, ada beberapa jenis sepatu badminton tidak cocok dengan lapangan bulu tangkis. Cek terlebih dahulu kondisi sepatu sebelum digunakan untuk berlatih maupun bertanding.

Ciri-ciri yang kedua adalah perhatikan bahan material sepatu badminton lokal yang akan Anda gunakan. Anda disarankan untuk menggunakan sepatu badminton yang menggunakan bahan material PU leather.

Sebab, bahan material yang terbuat dari PU leather ini cukup ringan. Alhasil, pergerakan Anda ketika bermain badminton semakin lancar karena pergerakan di kaki tidak terlalu berat.

Jadi, meskipun menggunakan sepatu badminton murah dengan merk lokal tidak kalah kualitasnya jika dibandingkan dengan merk-merk import seperti Yonex, Li-Ning, Mizuno, hingga Viktor yang menjadi salah satu raksasa apparel bulu tangkis.

Maka dari itu, sepatu badminton lokal dengan harga murah  ini sangat cocok untuk atlet pemula yang memiliki kendala pada budget. Terlebih bagi Anda yang baru saja menjadi seorang atlet bulu tangkis.

Pasalnya, brand-brand lokal ini tidak kalah kualitasnya dengan brand dari luar negeri. Oleh sebab itu, ketahui rekomendasi sepatu badminton merk loka yang memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan merk-merk ternama.

Sepatu badminton ini memang cukup beragam model dan merknya. Sehingga, Anda bisa memilih jenis-jenis sepatu yang cocok untuk atlet pemula yang memiliki keterbatasan budget.

Salah satu jenis sepatu badminton yang cocok untuk para pemula adalah merk-merk lokal. Meskipun diproduksi oleh perusahaan lokal, sepatu badminton termurah ini memiliki kualitas sebanding dengan merk-merk dari luar Negeri.